Tuesday, October 2, 2012

Belajar ms Access

Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi-aplikasi yang kecil. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi, penjualan untuk toko.

 Sebelum mulai belajar jangan lupa berdoa dulu kemudian Tanamkan pada diri anda bahwa Microsoft Access itu gampang dan mudah dipelajari. Kuatkan keyakinan pada diri anda bahwa anda dapat menguasainya. Di Microsoft Access ada bagian-bagian seperti di bawah ini :

a. Table digunakan untuk menyimpan data
b. Query digunakan untuk memanipulasi data                                                                                          c. Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll.   d. Report digunakan untuk membuat laporan                                                                                          e. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.  


B. Memulai Pengoperasian Microsoft Access
Program komputer dapat memecahkan hampir semua permasalahan yang kita hadapi dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan penuh ketelitian yang tinggi serta banyak data yang harus diolah dengan waktu pengolahan yang sesingkat-singkatnya dan tepat waktu. Karena sekarang ini pembuatan suatu program apapun untuk memecahkan suatu permasalahan dituntut harus cepat, tepat dan siap pakai dan mudah dipelajari. Maka Microsoft menciptakan suatu aplikasi program yang dipergunakan sebagai sarana mempermudah pengolahan data dari aplikasi-aplikasi bisnis sederhana yang dapat membantu mempermudah kerja dari seorang user/pemakai komputer, sehingga munculah program aplikasi Microsoft Access.

Untuk menjalankan atau mengoperasikan Microsoft Access sangatlah mudah dan gampang sekali, karena semua toolbar atau aplikasi sudah ada dan tinggal tekan tombolnya maka komputer akan mengolah data seperti apa yang kita inginkan. Bukan karena komputer itu yang pandai atau canggih melainkan user atau pemakailah yang pandai, jadi orang yang menganggap komputer itu pandai adalah keliru.

Sebelum kita menjalankan program aplikasi Microsoft Acces terlebih dahulu kita lihat apakah komputer yang kita hadapi tersebut ada atau tidak program Microsoft Access. Terlebih dahulu user atau pemakai komputer harus mengetahui langkah-langkah pertama kali dalam mengatur file/manajemen file dengan kata lain akan ditempatkan dimana hasil pekerjaan yang dilaksanakan, adapun langkah yang harus ditempuh adalah :

A. Mengaktifkan Windows Explorer
Langkah-langkah yang dipergunakan untuk mengaktifkan aplikasi windows explorer adalah sebagai berikut : 
1. Klik tombol START pada baris taskbar
2. Arahkan pada pilihan All Program
3. Draging mouse ke pilihan Accessories
4. Pilihlah Windows Explorer kemudian klik
5. Maka jendela Windows Explorer akan terlihat dilayar. Perhatikanlah gambar berikut ini :





                                                                                                                 

No comments:

Post a Comment